Home - warta - KESEMPATAN MENJADI KARBOL AKADEMI ANGKATAN UDARA

Akademi Angkatan Udara kembali membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk mengabdi kepada negara dan bangsa melalui Taruna Akademi Angkatan Udara (Karbol). Bagi pemuda yang berminat dapat mendaftarkan diri mulai tanggal 1 s.d. 31 Maret 2009 di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) seluruh Indonesia.

Tempat pendaftaran untuk daerah Jawa di Lanud Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Wiryadinata (Tasikmalaya), Adisutjipto (Yogyakarta) dan Iswahjudi (Madiun), Atang Sendjaja (Bogor), Wirasaba (Purbalingga), Surabaya (Surabaya), Abdurachman Saleh (Malang), dan SMA Taruna Nusantara (Magelang).

Lanud luar Jawa meliputi Lanud Sultan Iskandar Muda (NAD), Pekanbaru (Riau), Medan, Padang, Palembang, Tanjung Pandan (Babel), Supadio (Pontianak), Balikpapan, Sjamsuddin Noor (Banjarmasin), Sultan Hasanuddin (Makassar), Sam Ratulangi (Manado), Ngurah Rai (Denpasar), Rembiga (Mataram), El Tari (Kupang), Manuhua (Biak), dan Jayapura (Papua).

Persyaratan WNI, pria yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, berusia tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun, tinggi badan tidak kurang dari 165 cm dengan berat badan ideal (seimbang) dan sehat serta tidak berkacamata dan buta warna, berkelakuan baik, tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi prajurit, disertai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

Tamatan SMA/SMU/MAN jurusan IPA dan SMK Penerbangan, DANEM lulusan tahun 2004 nilai rata-rata 6,5 tidak ada nilai dibawah 4, lulusan tahun 2005 dan 2006 nilai rata-rata 6,5 tidak ada nilai dibawah 4,26, lulusan 2006 dan 2007 UAN dan UAS tidak kurang dari 6,5 tidak ada nilai kurang dari 6 dan lulusan 2009 akan ditentukan kemudian.

Belum pernah nikah yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah, sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan Karbol dan lanjutannya dan sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengujian/pemeriksaan para pelamar calon Karbol AAU tidak dipungut biaya apapun. Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di panitia daerah/sub panitia daerah setempat.

Sumber TNI AU

Tags: warta