Home - warta - Bersih – Bersih Sebelum Terbang

Pesawat terbang bermotor selain perawatan mesinnya harus bagus, kebersihannya juga perlu dijaga. Salah satunya harus bersih dari debu yang mengotori. Pada trike misalnya, walaupun hanya debu yang menutupi sayap, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Sebab debu yang menempel akan menimbulkan hambatan (drag) dalam penerbangan.

"Kalau sayap pesawat bersih angin dapat melaju mulus, pesawat pun terbangnya enak. Beda jika ada debu, laju terbang cukup terganggu," kata Alvin Lie yang ditemui Angkasa sedang membersihkan pesawat trike di hangar Lapangan Terbang Cibubur, Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain sebagai anggota DPR, di sela kesibukan Alvin Lie giat menekuni hobinya menerbangkan pesawat. Semula ia menekuni paramotor bahkan menjadi pengusaha Diklat paramotor pertama di Indonesia. Kini ia tengah gandrung menggeluti trike. Alvin Lie juga sudah lama menjadi menjadi penerbang pesawat latih AS-202 Bravo. Pesawat latih TNI AU yang sudah dihibahkan kepada FASI.

Selama membersihkan trike, Alvin Lie tampak menyemprotkan sendiri dari dari slang. Ia tidak menggosok menggunakan kain untuk menghindari goresan. Goresan dihindari agar sayap trike tidak mudah sobek. Kalau sudah sobek jelas membahayakan penerbangan.

Sumber : Sumardjo / Angkasa
Tags: warta