Home - syarat pendaftaran - SMK Penerbangan AAG, Utamakan Minat dan Kedisiplinan

Bingung mencari sekolah ?. Bagi lulusan SMP dan sederajat, SMK Penerbangan AAG Adisucipto Yogyakarta merupakan SMK yang mempersiapkan lulusannya untuk dapat terserap di dunia penerbangan maupun dunia profesional lain.

Program unggulan yang ditawarkan di SMK Penerbangan AAG yakni Airframe Powerlant ( AP ) yang mempelajari tentang rangka motor pesawat dan Electrical Avionics ( EA ) dengan materi belajar elektronika dan instrumen pesawat terbang.

Syarat untuk masuk SMK Penerbangan AAG adalah lulus UNAS dan juga akan mengikuti beberapa tes antara lain tes fisik dan psikologis. Hal ini dilakukan untuk mengukur kecerdasan emosional, tes psikologi dilakukan untuk mengetahui minat siswa, karena pintar bukan jaminan untuk bisa diterima di sekolah ini. Sementara tes fisik untuk mengukur kesehatan jasmani.

Tahun ajaran baru ini SMK Penerbangan AAG menyediakan kuota 240 siswa yang dibagi dalam 7 kelas. Pendaftaran dimulai 29 Juni 2009 – 04 Juli 2009 dan merupakan gelombang I, kemudian gelombang II 06 Juli – 11 Juli 2009 dan terakhir gelombang III 13 Juli – 18 Juli 2009. Namun perlu diingat kalau kuota sudah terpenuhi maka pendaftaran akan ditutup walaupun masih gelombang I.

Di tiap pembelajarannya, sekolah ini menerapkan kedisiplinan sebagai hal yang utama dengan konsep semi militer. Setiap pagi siswa harus mengadakan apel pada jam 6.30. Apel pagi dilakukan untuk mendisiplinkan siswa karena dengan SMK Penerbangan AAG mempunyai prinsip bahwa orang yang mempunyai disiplin tinggi akan bisa untuk menjadi apa saja yang mereka cita-citakan.

Lulusan SMK Penerbangan AAG telah tersebar di lembaga – lembaga penerbangan baik asing maupun domestik seperti GMF, Pelita Air Service, Merpati Nusantara Airlines, Chatay Pasifik, MAF serta di berbagai industri konstruksi pesawat terbang lainnya.

Alumni SMK Penerbangan AAG juga berpeluang besar untuk dapat mengikuti pendidikan Bintara, Tamtama ( TNI AD, AL, AU, POLRI ) dan Taruna AAU. Selain itu mereka juga dipersiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi di universitas pada jurusan teknik elektro dan mesin.