Home - warta - GMF Lulus Audit Tahunan FAA

Otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat ( Federal Aviation Administration / FAA ) menyatakan PT GMF AeroAsia telah memenuhi standar internasional yang ditentukan FAA dalam perawatan pesawat. Kesimpulan ini merupakan hasil audit FAA terhadap GMF AeroAsia yang berlangsung pada 4 sampai 6 Mei 2009. Demikian rilis yang dikeluarkan oleh GMF Corporate Communication, Dwi Prasmono Adji, dan diterima Angkasa, Jumat (8/5).

Dalam audit tersebut FAA mengirimkan dua auditornya yakni Antonio C Blas dan Robert Feldman. Lingkup audit meliputi quality system, personnel qualification, dan fasilitas perawatan pesawat terbang GMF AeroAsia. Selain itu dua auditor FAA juga meninjau langsung Engine Shop. Workshop 1 & 2, NDT, receiving material dan Unit Engineering Service GMF AeroAsia.

Antonio C Blass menyatakan, GMF sudah bisa dikatakan sebagai Maintenance Repair and Overhaul (MRO) kelas dunia karena telah memenuhi standar industri penerbangan internasional. Ia juga menilai, semua rekomendasi perbaikan yang disampaikan oleh auditor FAA pada audit lalu telah dilaksanakan dengan baik oleh GMF. “Sistem corrective action terhadap safety and quality system sudah berjalan dengan baik,” kata Antonio.

VP Quality Assurance and Safety GMF AeroAsia, Fuad Abdullah, secara umum menyatakan, hasil audit FAA kali ini cukup baik. FAA yakin kalau GMF sudah established menjalankan regulasi yang mereka tentukan. GMF AeroAsia memegang approval dari FAA sejak tahun 1992. Dalam setiap audit yang dilakukan dua kali dalam setahun, GMF dinyatakan lulus dan memenuhi kualifikasi FAA.

Hasil audit ini tentu sangat penting bagi GMF dalam rangka masuk ke pasar luar negeri. "Dengan hasil audit ini GMF makin yakin karena memiliki modal penting memasuki pasar Amerika," lanjut Fuad.

Sumber Angkasa

Tags: warta